Menilik Kelebihan dan Kekurangan Mobil Timor Yang Ekonomis

Kelebihan dan kekurangan mobil Timor

Mobil Timor adalah sebuah proyek ambisius mobil nasional yang penuh intrik dan kontroversi, namun lepas dari itu semua Timor sebenarnya cukup lumayan untuk dijadikan mobil sehari-hari. Dengan ukuran yang tidak teralu besar, sedan Timor bisa cukup lincah untuk menyusuri jalanan padat kota-kota besar di Indonesia.
  
Ada dua type mobil Timor yang beredar di pasaran, tipe Timor SOHC dan Timor DOHC, kedua tipe ini memiliki keunggulan dan kekuranganya masing-masing. Artikel kali ini dibuat berdasarkan kumpulan pengalaman pengendara Timor SOHC dan Timor DOHC, dengan kedua mobil dalam kondisi standar sehingga akan lebih terasa karakter asli kedua tipe mobil tersebut. Ada sebuah perbedaan mencolok dari tipe SOHC dan DOHC sebagai bahan pembaca ketika hendak membeli mobil Timor. Sekali lagi artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pengendara Timor SOHC dan Timor DOHC, bukan dari penelitian oleh para pakar mungkin akan ada sedikit subjektifitas dalam hasil komparasi ini.

Untuk Timor yang versi DOHC dari tahun 1997-2000 bisa dibawa pulang dengan mahar 35-45 juta, untuk tahun sebelumnya 1996 versi SOHC bisa turun hingga 30 jutaan. anda bisa melihat mobil-mobil lain di Mobil Harga 30 jutaan dan Mobil harga 40 jutaan. Sementara DOHC 2001 bisa naik antara 40-50 juta. Mobil ini dikenal paling murah dikelasnya, paling lengkap fitur-fitur untuk ukuran kelasnya, dan merupakan mobil yang cukup teruji kebandelan mesinnya serta cukup lincah sehingga banyak disukai. 

Untuk ketersediaan sparepart cukup mudah dan memiliki versi kw untuk harga yang lebih ekonomis, menginggat mobil ini pernah digunakan oleh armada taksi pada tahun 1990an keatas. Harga sparepart yang murah adalah jaminan kelangsungan pemeliharaan. Mobil ini berkonfigurasi 4 silinder segaris DOHC 1498 cc dengan transmisi manual 5 speed.

Sebenarnya Timor dengan tipe SOHC dan DOHC memiliki kelebihan serta kekurangan pada masing-masing tipe. Banyak yang bilang lebih baik DOHC karena lebih powerfull tapi ada juga yang bilang SOHC lebih mudah perawatannya dan lebih menemukan masalah jika ada trouble pada mobil. Perbedaan antara DOHC dan SOHC bisa anda simak selengkapnya.


Timor SOHC <baca selengkapnya>


Mobil Murah 30 Jutaan Timor SOHC
Timor SOHC


Timor DOHC <baca selengkapnya>


Mobil murah 40 jutaan Timor DOHC
Timor DOHC
Demikian perbedaan Timor SOHC dan Timor DOHC, jika anda adalah menyukai sistem pembakaran karburator maka anda tidak akan pusing merawat SOHC namun jika anda menyukai mobil tua dengan pembakaran modern, silahkan coba DOHC. Secara garis besar kedua tipe ini sama-sama nyaman tapi memang untuk soal performa jangan berharap tarikan SOHC bisa sekuat DOHC.

Semua kembali ke selera, kebutuhan dan ketersediaan dana anda, pertimbangkan baik burukya dalam memilih mobil, sesuaikan dengan penggunaan anda. Sekali lagi memilh mobil bekas dibutuhkan kesabaran dan ketelitian, selamat berburu.

Menilik Kelebihan dan Kekurangan Mobil Timor Yang Ekonomis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daniel ramirez

0 komentar: